Monday, December 11, 2017

Zenly, Aplikasi Favorit Untuk Cek Lokasi Orang Tersayang


Berawal dengan kemarin saya yang iseng nge-insta-story sebuah app pelacak lokasi, dan sengaja ngga ngasih detail nama aplikasinya, cuma ngasih screenshoot dan beberapa pendapat saya aja. Eh, ternyata banyaaaak banget yang nanya-nanya via DM. Padahal kemarin sengaja emang ga lengkap jelasinnya karena lagi kesyepian dan seneng aja jawabin tiap DM yang masuk. Kayaknya semalem yang udah pada nanya udah sekitar 50an orang deh, dan udah kelar saya jawabin semua (tumbeeeen) karena malem itu suami saya ada tanggungan pekerjaan yang harus dikerjakan, yaitu prepare buat moto pagi hari di luar kota. Jadilah bisa nganggur nggak aturan macam itu.

Nah, pagi ini saya dibuat kaget sama tumpukan chat DM baru yang udah mencapai 100++ dengan pesan yang isinya hampir sama semua yaitu nanya nama aplikasi HAHA. Bangun tidur sempet heran, kan kemarin udah dibales semua yah, kok ini request messegnya banyak banget, belum lagi yang tanpa request itu juga berjajar kebawah banyak banget scroll scroll. Buat saya yang masih ecyek-ecyek lalalala ini, dapat pertanyaan gitu kayaknya ga bakalan sanggup untuk membalas satu persatu. Niat hati iseng eh tapi responnya diluar dugaan. Beberapa juga minta dijelasin segala.

Nah karena hal itu, saya berinisiatif pagi ini mau bikin post di blog tentang aplikasi yang memancing tanda tanya dari netizen tersebut. Karena kayaknya terakhir dapat ratusan DM dalam semalam itu sekitar setahun lalu pas nggak ada angin ngga ada ujan tau-tau posting foto Akad Nikah. Tanpa ada tanda-tanda sebelumnya dan cukup bikin banjir DM selama berhari-hari buat klarifikasi. Bahkan yang kocak, ada beberapa yang memastikan dengan tanya "Ghea ini endorse dari vendor MUA kan? Bukan beneran nikahan?"..... yakali. Eh nggak taunya pagi ini dapat kejadian serupa gara-gara iseng post instastory yang kurang jelas.


Nah jadi buat yang nanya-nanya nama aplikasinya apa, jawabannya adalah....... ZENLY! Bisa di download langsung di playstore dengan icon yang lucu bentuk ice cream gitu, gemes banget.

Sebenernya tau aplikasi ini udah cukup lama dari sodara ipar saya, tapi nggak kunjung isntall, karena waktu itu mikirnya, ah ga perlu kayaknya. Kan bisa chat aja biasa. Lagian buat apa track lokasi orang lain, penting banget gituuu.... kan nanti ga privacy...

Tapi semuanya berubah ketika memasuki moment dimana saya hamil saat ini, dan sering nggak bisa ngintilin mas Hanif. Kadang tiba-tiba kalo jam pulang udah lewat tapi ga kunjung pulang, saya suka kuatir sendiri. Belum lagi di hubungi kadang nggak dibales-bales. Mulai deh, istri lebay mode : on-nya muncul. Merasa nggak nyaman dan mikir yang engga engga. Masih untung kadang bisa tanya ke orang yang emang lagi sama mas Hanif di waktu tersebut, tapi kalo pas mas hanif sendirian? Susah deh....

Lalu beberapa hari kemarin, saya kebetulan dapat vocuher gratis dari Go-Ride, sehingga daripada mubadzir tiap mas hanif mau keluar rada jauh, saya pesenin Go-Ride aja, karena nominal vouchernya 100k, sayang kalo buat deket-deket. Karena jauh dekat sama aja itungannya sekali pakai. Baru deh, saya nyadar kalo lucu juga ya ngelihat update lokasi secara real time lewat gojek gini, jadi tau posisinya udah sampai mana, udah sampai apa belum. Mas hanif nggak perlu ngabarin kalo udah sampe-pun saya udah tau.

Terus inget deh sama aplikasi pelacak ini, dan voilaaaa~ Kemarin malam akhirnya saya nginstall dong, kebetulan mas hanif udah install dari lamaaaaah, jadi tinggal add friends aja. Dan yey, semalaman mas hanif harus ke beberapa lokasi di malang, saya anteng aja di kamar, lihatin peta. Serasa ikutan disana padahal saya dirumah aja, sambil ngerjain kerjaan-kerjaan lain.

Dan di aplikasi ini juga infonya lumayan lengkap, selain lokasi, ada juga KMH kalo pas emang lagi berjalan. Tapi kalo misal pas subjeknya lagi diem di suatu tempat juga bakalan ada counter waktunya. Selain itu juga ada informasi terkait sisa daya (atau baterai), jadi kita bisa tau 'oh batrenya tinggal sekian persen', jadi bisa maklum kalo tetiba ga bales atau bisa juga buat bantu ngingetin juga.

Untuk urusan desain, menurut saya cakeeep banget. Kekinian dan cute. UXnya juga bagus sih, ga bikin bingung. Dan ada fitur chat beserta emot-emot lucu yang bisa keluar suaranya. Recommended deh! Tapi.... bukan buat di share dengan sembarang orang yah. Kita kan tau sendiri siapa aja yang menurut kita boleh tau lokasi kita.


Bagus sih buat suami-istri, buat ibu dan anggota keluarganya, antara temen yang lagi janjian. Atau misal (naudzubillah) hp kita hilang atau ketinggalan dimana, insyallah jadi bisa di track juga.

Apakah ngabis-ngabisin baterai? Kan kalo dibayangin kayaknya dia GPSnya aktif terus gitu yah. Nah, ternyata waktu saya baca-baca artikel lain, si Zenly ini pinter kok. Dia bakal kerja kalo pas emang kita mau melacak, atau orang lain lagi ada yang mau melacak kita. Kalo pas lagi selo-selo aja, dia otomatis nggak kerja. Jadi bisa menyesuaikan gitu deh. Downloadnya bisa langsung KESINI YAAA. Atau langsung aja buka playstore.

Yah sekian review singkat dari saya, kalo nanti ada salah info atau apa insyallah dirubah (maklum lah ya jarang-jarang ngereview aplikasi macam ini). Dan kalo ga salah, aplikasi ini abis di akuisisi sama SnapChat dengan harga $350 wohoho!

Semoga bermanfaat yah, apalagi untuk orang yang gampang kuatiran seperti saya. Hari ini saya happy banget karena meski ga ikut bisa tau kemana aja mas hanif, kadang pas cek Zenly kebetulan lagi di POM, kadang cek lagi di jalan A, terus di jalan B, seneng aja gituuu hihi. Kalo kangen ga butuh di chat deh, apalagi kan ga mungkin juga mas hanif bisa akses HP mulu pas nyetir atau pas moto hehe.

Selamat mengawali awal minggu baru!


Jangan lupa buat happy yaaah! Apalagi udah nemu aplikasi yang bikin tenang macam ini haha :p

With love,

Ghea Safferina Adany

4 comments

  1. Hi Ghea, saya followemu di IG hehe. Lihat kamu nginsta story ini di IG, gak pake lama saya langsung instal lho. Suami juga gak lama saya suruh instal hehe. Tapi sayangnya, begitu suami kerja, aplikasi ini gak berfungsi karena sinyal disana susah :(
    Tapi thanks ya udah nginfoin. Saya yakin suatu saat pasti diperlukan buat pasangan LDR seperti kami :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahah iya mbak ga nyangka responnya heboh gitu pas bikin insta story. Wah iya kalo udah perkara sinyal saya juga kadang ngerasain sih meski ga sesering mbak hehe. Biasanya kalo mas hanif moto ke pedalaman bete banget karena zeenlynya otomatis ga update huhu.

      Sukses terus ya mbak LDMnya, semoga bisa segara bersama :)

      Delete
  2. Wah keren juga aplikasi ini kak. Selain bisa membantu untuk memantau, buat para manusia LDR terbantu.

    Ditambah apps nya user friendly lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya apps friendly lucu desainnya dan mudah di pahami hehee :D

      Delete