Sunday, January 3, 2016

A flashback to 2015

Ini adalah hari ketiga di 2016 dan kebetulan lagi ada banyak agenda yang saling kejar mengejar dari kemarin. Sehingga rasa-rasanya nggak sempat buat duduk manis di depan leptop dan nulisin apa aja yang udah terjadi setahun ini. Saya memang bukan tipikal orang yang merayakan akhir tahun dengan perayaan pesta kembang api atau apa di keramaian, hampir setiap pergantian tahun saya isi dengan 'me time' di kamar sambil evaluasi apa aja yang udah saya dapetin di 365/366 hari sebelumnya. Apa aja yang belum berhasil, kenapa ga berhasil, kesalahan apa yang saya lakuin, gimana caranya memperbaiki dan beragam obrolan antara saya dan diri saya sendiri. Baru deh, beberapa tahun belakangan ada acara pengajian tiap malam tahun baru dan mama selalu ngajak buat ikutan, hmmm mengawali pergantian tahun dengan berdoa? Awalnya pas masih SMP gitu agak gemes sih pas di ajakin, tapi lama-lama menyenangkan dan sayapun ketagihan ikut setiap tahunnya.


Jika flashback kembali, rasa-rasanya 2015 ini adalah tahun mengambil keputusan besar dan terbilang cukup berat. Dari keputusan akan hal yang sederhana sampe hal-hal yang bakalan ngaruh banget kedepannya dateng silih berganti. Sampe kadang saya sendiri nggak pernah nyangka sama keputusan-keputusan yang saya buat, yang kalo saya pindah prespektifnya dari kacamata orang lain bikin saya pribadi bilang 'kok berani yah bikin keputusan sedemikian rupa'.

Tapi insyaAllah, disemua hal tersebut saya berusaha minta tolong kepada Allah buat diberikan yang terbaik, tanpa Allah saya mah apa, kadang yang terbaik menurut kita belum tentu menurut Allah baik. Mumpung inget saya mau share sedikit ilmu baru yang saya dapetin di tahun ini pas pengajian. Ternyata, kita dianjurkan untuk sering-sering melakukan sholat istikhoroh. Nggak perlu nunggu bingung galau milih kerja atau kuliah, nggak perlu nunggu bingung milih pasangan, pokok istikhoroh aja setiap hari. Karena sadar nggak sih, setaip hari kita membuat keputusan-keputusan, baik kecil maupun besar. Mau kan kalo kita bikin keputusannya dibantu sama Allah? Biar semua urusan kita Allah yang milihin yang terbaik. Nah cara sholatnya juga bisa digabungin sama sholat sunnah qobliah atau badiah. Jadi niatnya di gabung. Malah kalo bisa sekalian digabungin sama sholat sunnah taubat dan wudhu. Jadi sekali takbir baca 4 niat sholat sunnah, sekali dayung ada beberapa keutamaan kita dapetin. Enak kan? Bismillah abis baca niat ngamalin yuk hihi. Maafin ya tumben-tumben nyelipin beginian di tengah postingan, ini ketulis sendiri kebawa topik pembicaraan, lagian biar ada manfaatnya, ilmu baik kudu di sebar.

Akhirnya tahun ini saya berani mutusin resign dari kantor lama yang sebenernya super duper nyaman dan seru. Karena semenjak kerjanya di remote dari Malang, saya pribadi ngerasa kurang bisa optimal. Karena kerja dirumah itu nggak seenak kelihatannya loh! Begitu banyak tantangan dan gangguannya. Entah tiba-tiba disuruh ini itu, diajakin ngobrol, ada tamu, diajak keluar, banyaklah pokoknya. Dengan bismillah, saya mutusin buat resign dan fokus nekunin passion-passion lama, artinya saya bakalan kerja sendiri dan kalo saya males-malesan artinya saya langsung nanggung dampaknya. Rasanya? Lega banget karena bisa bebas ngatur jam kerja dan fleksibel, tapi tantangannya semakin banyak, memperjuangkan sesuatu yang nggak pasti tentu effortnya jadi lebih banyak. Biasanya akhir bulan sumringah mau gajian, sekarang jadi kudu banyak berdoa biar bisa ngebayar hak-hak orang lain, diri sendiri mah belakangan. Tapi alhamdulillah sejauh ini belum pernah (dan jangan pernah) kekurangan yang berarti nggak bisa gajian, semoga meski lebih repot tapi jadi pekerjaan yang barokah hehe, selalu ada kesenangan tersendiri tiap lihat-lihat senyum merekah dari tim ketika kita bisa sedikit membantu buat mereka di akhir bulan. Tahun ini appleberry, pictalogi dan dubidam kudu semakin banyak nyerap tenaga kerja deh.


Tahun ini lumayan sering pergi-pergi, hampir tiap bulan ada aja nginep di luar rumah selama beberapa hari. Ohya alhamdulillah bisa ngerasin pergi ke negara lain meski cuma deket-deket aja kayak singapore, thailand, dan malaysia. Lengkap dengan drama di setiap imigrasi karena tangan saya ga kedeteksi sidik jarinya. Saya udah tau sih gara-gara pertama kali absen sidik jari waktu magang di jogja dulu. Jadi sebenernya sudah menyimpan kekhawatiran akan pergi ke luar negri, takut kalo-kalo ga bisa kedeteksi. Abis pas bikin passport sempet di BT-in sama petugasnya gara-gara proses pengambilan sidik jari dan retina mata saya berlangsung super-duper-lama. Ohya nggak cuma passport, waktu bikin e-KTP juga lamaaaaa banget sampe petugasnya ngedumel-dumel karena nggak kunjung kedeteksi. Semoga 2016 mendadak sidik jari saya menjadi lebih tajam (kali-kali bisa buat ngupas buah).


Ohya, saya juga nyobain explore beberapa hal baru di tahun ini. Finally bisa ngado-in diri sendiri (kan, kan sedih berasa nggak ada yang peduli aja ngadoin diri sendiri) oven listrik ukuran sedang dan mesin jahit listrik. Setelah semenjak di telkom dulu pengen banget beli tapi ada aja yang bikin ga jadi, entah sibuk sendiri, lebih memprioritaskan hal lain, merasa belum ada moment buat ngasih reward buat diri, dkk. Seneng sih karena pada akhirnya bisa explore sama dapur dan segala hal yang hubungannya sama jahit menjahit. Salah satu yang bikin sedih di penghujung tahun saya juga harus melepas sony xperia C yang selama ini udah nemenin saya, rusak parah. Katanya gara-gara dulunya saya utek-utek, ngeroot sendiri. Hmmmm biasanya saya awet banget loh sama barang, selalu langgeng. Ini cuma 20 bulanan udah ditinggal pergi huhu. Ohya selain oven dan mesin jahit, memasuki 20 tahun ini saya juga ngado diri sendiri kamar dengan dekorasi baru! Jadi putih-putih kayak foto di atas itu, saya cat sendiri baik tembok, mejabelajar, maupun lemari. Hahaha, kadonya yang ini kudu ngeluarin tenaga dulu, kurang lebih 3 hari lah reparasi kamar soalnya kadang males jadi kadang di tinggalin mager :p



Ohya website pictalogi.com dan helloappleberry.com baru loh! Kalo pictalogi saya bagian design website, konsep dan motoin produk. Kalo appleberry ikut ngutek-ngutek dalemnya bareng nana sambil heboh karena kita mah anak programming yang sudah lupa akan hal-hal seputar itu. Bisa dikelilingi sama hal-hal yang berbau passion setiap harinya bikin hidup kerasa lebih hidup, meski yah saya terbilang masih harus banyak belajar tapi seneng banget! Tahun ini mau lebih banyakin ikutan komunitas buat cari ilmu, online course, dan kolaborasi sama banyak orang. Semoga bisa segera stable amin amin amin.


Beberapa acara seru di tahun ini adalah jadi committee sekaligus speakers di WIKUFEST 2015, hmm ceritanya belum sempat saya post di blog sih soalnya sok sibuk sepanjang waktu. Nggak nyangka di tawarin jadi speakers padahal saya mah alumni bau kencur, masih baru banget lulus, pengalaman belum banyak. Tapi katanya, kelas saya langsung abis diserbu kuotanya dan ada lumayan banyak orang yang waktu saya ke telkom curhat sedih karena kehabisan kelas. Jadi panitia juga rasanya seneng banget, itu impian saya sejak jadi peserta wikufest beberapa tahun silam. Saya udah bayangin pasti seru banget bisa balik ke sekolah buat bikin acara se-keren ini.



Selain wikufest saya juga pada akhirnya bisa ikutan Kelas Inspirasi! Salat satu mimpi sedari lama juga yang pada akhirnya ke realisasi. Ketemu temen-temen baru dan udah saya post deatilnya di postingan sebelum ini, jadi bisa di baca sendiri ke-riaan yang terjadi selama acara. Dalam bidang tech, pictalogi jadi finalist di acara hub.id dan saya belajar pitching dimentorin sama CEO daily social, kak rama yang super duper keren ngajarinnya. Terus dubidam juga jadi finalis 'hackathon meredeka' dan bikin saya pitching di depan mentri hueee, terus bisa ngerasain office tour ke bukalapak, tokopedia dan traveloka.


Ngomongin temen, tahun ini saya mau bilang makasih banyak ke iklima yang udah ngisi banyak hari di 2015 ini bareng, udah nemenin kalo butuh apa-apa, nebengin kalo kuliah (...dan skrg ghea berangkat sendiri dong kalo kuliah meski pulang malam-malam), nyediain telingan dan saran setiap ada problem, ah pokoknya makasih banget. Kebanyakan sahabat saya emang di jakarta dan bandung, jadi rasa-rasanya tinggal dimalang ini kalo butuh temen curhat kudu skype-an dulu hikz.

Tahun 2016 ini sepertinya jadi tahun buat saya harus belajar banyak akan hal baru, so excited and nervouse at the same time! Bismillah, semoga Allah selalu menemani setiap langkah dan keputusan yang saya buat. Semoga kita semua sukes yah! :)

 With Love,

Ghea Safferina Adany

20 comments

  1. Replies
    1. apanya yag namanya hidup? dih ini baru post udah muncul aja, fans ya? :p

      Delete
    2. dirimu begadang ada notif digoogle plus yaudah komen ae..

      Delete
  2. Good luck Ghea! Aku belajar banyak dari Ghea, have a great year ahead :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanyou arif! Amin, you too ya! Kamu katanya kemalang tapi terus ga ngabarin lagi sih? Padahal mau di teraktirin nana abis bantu appleberry dulu eheh :p

      Delete
  3. 2016 semoga bertambah kesuksesan dan semoga bertambah kebahagiaan ghea :)

    ReplyDelete
  4. Replies
    1. Amin yaAllah, you too lel, mali saling menginspirasi :D

      Delete
  5. semangat mbak, sukses selalu semoga bener2 komit dengan apa yang dijalani

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semanagt juga yah! Amin amin, semoga bisa selalu enjoy, ada badai angin dkk itu mah wajar tapi semua tetep komit dan seneng :D

      Delete
  6. cieh Ghea.. sukses pake terus ya Gheee :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. cieh mas Ipkiii! Sukses pakek terus juga ya mas ip, aduh kangen batavianet

      Delete
  7. Hapenya jadi apa sekarang? :(
    Sukses terus ghe. Doain yang terbaik inshaAllah. Amiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaampun syuss kamu mah peka banget nanya hp wkwkw. Ganti siomay sus, niat hayati mau berhemat padahal *youknowhatimean* tapi kata aagym hidup ini dibuat enjoy aja, gausah sedih sama apa yang terjadi, cuma sementara (azik), jadi sok lah beli hp baru ~

      Delete
  8. Ghea keren, selalu deh kagum sama ghea.
    ajarin ashya dong ghe sekali kali.
    ajarin jahit, masak, atau apa kek hehe

    2016 mau apa nih ghe?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selalu kagum sama ashya jugaaa... Kemari lah syaaa meetup lagii kita belajar-belajar bareng :D
      Yuk yuk yuk!

      2016 mau apa ya? mau bisa menikmati hidup dan jadi orang yang lebih lebih baik dari sebelumnya :)

      Delete
  9. Ayo meet up bersama Mbak Ashya, ingin sharing banyak hal xD


    Semangat ya Mbak Gheaaaaa, semoga semakin dimudahkan xD

    ReplyDelete
  10. Ayo meeg, agendakan, jangan wacana wkwk :p

    ReplyDelete